HARI DONGENG SEDUNIA - KOMA's Official Website

Post Top Ad

Responsive Ads Here

HARI DONGENG SEDUNIA

Share This

 HARI DONGENG SEDUNIA




Hari Dongeng Sedunia dirayakan setiap 20 Maret. Perayaan pertama digelar pada 1991 oleh kaum Nordik/Skandinavia di Eropa Utara. Mereka mengadakan acara Alla Berattares Dag atau All Narrators Day. Acara tersebut bertujuan melestarikan seni dongeng lisan dari mitologi-mitologi tua, yang telah diceritakan secara turun-temurun. Acara tersebut berusaha menjadi wadah untuk merangkul para pendongeng atau pencerita sebanyak-banyaknya dari seluruh dunia. Maka dari itu disebut sebagai Hari Dongeng Sedunia.

Dongeng merupakan cerita rakyat yang bersifat fiktif. Atau merupakan hasil rekayasa pengarang yang disebarkan secara luas sehingga pengarangnya tidak diketahui secara pasti. Dongeng hadir sebagai sarana hiburan yang berisi pesan moral bagi para penikmatnya. Dongeng pada umumnya adalah sebuah karangan yang berisikan sindiran dan pesan moral dengan makna kiasan. Selain sebagai hiburan, terdapat berbagai manfaat dongeng khususnya bagi anak-anak, beberapa diantaranya adalah: Menjadi pelajaran budi pekerti bagi anak; membiasakan budaya membaca; dapat membantu menumbuhkan dan mengembangkan imajinasi; membantu mengasah emosi; dan meningkatkan daya kritis anak.





Sumber: https://www.google.com/amp/s/www.detik.com/jatim/budaya/d-6623530/hari-dongeng-sedunia-sejarah-jenis-manfaat-dan-contohnya/amp


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages