Hari Sumpah Pemuda - KOMA's Official Website

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Hari Sumpah Pemuda

Share This

Halo Sa-koma!

Selamat memperingati hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun!

"Hari Sumpah Pemuda adalah momen bersejarah yang mengingatkan kita akan pentingnya persatuan dalam mencapai kemerdekaan. Selamat memperingati hari bersejarah ini!"


Seperti diketahui, setiap tahunnya bangsa Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober. Tahun 2023 ini merupakan peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-95 tahun.Adapun tema yang diangkat Kementerian Olahraga dan Pemuda (kemenpora) pada tahun 2023 ini adalah "Bersama Majukan Indonesia". Dalam rangka memeriahkan peringatan tersebut, detikers bisa membagikan ucapan selamat Hari Sumpah Pemuda di media sosial.


Peristiwa sumpah pemuda dimulai ketika Bangsa Indonesia masih berada dibawah kekuasaan Belanda, dimana rakyat merasakan penindasan di tanah airnya sendiri.Berbagai macam bentuk perlawanan kedaerahan telah dilakukan oleh rakyat, namun masih gagal untuk membuat Belanda pergi dari tanah air.Sampai muncul politik etis dari Pemerintah Belanda untuk memberikan pendidikan pada kaum pribumi, guna kepentingan permintaan karyawan berpendidikan.Politik etis ini pada akhirnya memberikan dampak yang besar, salah satunya kemunculan golongan terpelajar, yang menjadi pelopor nasionalisme.Golongan pelajar intelektual ini yang berasal dari berbagai daerah kemudian bergerak mendirikan organisasi masing-masing.Semangat para pemuda ini lalu melahirkan kesadaran akan pentingnya mempersatukan organisasi pemuda di Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages